Kamis, 20 Juni 2013

MENGAPA KASUS BANK CENTURY SULIT DIBONGKAR




MENGAPA KASUS BANK CENTURY SULIT DIBONGKAR
Kali ini saya akan membicarakan tentang kasus bank century yang sangat sulit dibongkar, kita tahu bahwa bank century sudah tidak asing lagi di negara kita ini yaitu Indonesia, Bank century merupakan bank yang berdiri tahun didirikan pada 6 Desember 2004 merupakan hasil merger tiga bank yakni Bank CIC International, Bank Pikko dan Bank Danpac sejak 21 November 2008 diambil alih oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berubah nama menjadi PT Bank Mutiara Tbk
Hasil merger tiga bank yaitu Bank Pikko, Bank Danpac, dan Bank CIC menjadi Bank Century yang sebelum merger ketiga bank tersebut didahului dengan adanya akuisisi Chinkara Capital Ltd yang berdomisili hukum di Kepulauan Bahama dengan pemegang saham mayoritas adalah Rafat Ali Rizvi
Persetujuan prinsip atas akuisisi diputuskan dalam rapat dewan gubenur Bank Indonesia pada 27 November 2001 dengan memberikan persetujuan akuisisi meski Chinkara Capital Ltd tidak memenuhi persyaratan administratif berupa publikasi atas akuisisi oleh Chinkara Capital Ltd, laporan keuangan Chinkara untuk tiga tahun terakhir, dan rekomendasi pihak berwenang di negara asal Chinkara Capital Ltd dan rapat dewan gubenur Bank Indonesia hanya mensyaratkan agar ketiga bank tersebut melakukan merger, memperbaiki kondisi bank, mencegah terulangnya tindakan melawan hukum, serta mencapai dan mempertahankan rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio (CAR)) 8%.
Saya pernah membaca dan menonton sebuah berita yang isinya tentang Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Abraham Samad, mengatakan pihaknya mendapat keterangan luar biasa dari mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, terkait penyidikan kasus Bank Century.

Menurut Abraham, keterangan Sri Mulyani ini bisa membongkar siapa pelaku intelektual pengucuran bailout Rp 6,7 triliun tersebut. Keterangan Sri Mulyani itu luar biasa bisa membongkar kasus Century dan membongkar pelaku intelektualnya, kata dia di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (27/5/2013).

Sri Mulyani diperiksa KPK di Kedutaan Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat. Menurut Abraham, keterangan Sri Mulyani itu bisa membuat ada tersangka baru di kasus Century.

Dengan keterangan Sri Mulyani, KPK bisa tetapkan orang itu sebagai tersangka, kata Abraham tanpa mau menyebut dengan jelas siapa yang bakal menjadi tersangka baru kasus Century tersebut.

Namun, Abraham menyatakan kemungkinan ada tersangka baru kasus Century bisa terwujud apabila kesaksian Sri Mulyani diperkuat dengan kesaksian Budi Mulia, pejabat Bank Indonesia yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Tapi, keterangan (Sri Mulyani) masih berdiri sendiri. Kalau sudah periksa Budi Mulya, dan keterangan Budi sinkron dengan keterangan Sri Mulyani, baru bisa ditetapkan tersangka, ungkap Abraham.
Menurut saya mengapa kasus bank century in sangat  sulit di bongkar karena kurang ketegasan dan lemahnya hukum di indonesia membuat kasus korupsi sulit di bongkar dan juga di brantas. Ada faktor lain juga yang membuat kasus bank century ini sangat susah dan sulit dibongkar  karena adanya keterkaitan koruptor dengan petinggi-petinggi di negara ini membuat kasus bank century menjadi berantai sehingga satu sama lain memiliki kunci untuk menggertak dan juga menutup mulut satu sama lain. Coba kita melihat ke kasus-kasus korupsi yang lain bagaimana seorang narapidana koruptor bisa jalan-jalan keluar sel bahkan keluar kota, dan bahkan ke luar negeri juga, dan memiliki fasilitas hotel bintang lima di dalam selnya atau tahanannya (PENJARA). Di butuhkan seaeorang yang memiliki jiwa seperti munir untuk bisa membongkar dan memberantas korupsi di Indonesia.
Banyak juga kasus-kasus korupsi yang di tutup-tutupi bahkan di biarkan terbengkalai menunggu hilang di makan waktu.
Itulah kelemahan dari negara kita yaitu Indonesia Hukum dinegara Indonesia masaih sangat kacao, dan lemah bila perlu di negara kita ini tidak ada lagi yang namanya. KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) Hukum di Indonesia mungkin menurut saya masih lemah dan masih bisa dibeli siapa yang kaya raya atau banyak uang pasti dia bisa membelinya atau berukuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar